Mengapa Optimasi Website Anda Masih Kurang Optimal

Apabila diibaratkan, seluruh situs yang terdapat di dunia maya sama seperti deretan rumah baru yang terlihat sama saja.
(Source: pexels.com)

Menjadi seorang blogger yang profesional berarti Anda memiliki kemampuan menulis yang baik sehingga Anda mampu menjual sesuatu melalui tulisan tersebut. Maka dari itu, Anda harus memiliki gaya menulis dan optimasi konten yang optimal dan menarik sehingga para pengunjung situs Anda merasa nyaman. Maka dari itu, melakukan optimasi website sangatlah penting.

Apa yang biasanya terjadi ketika orang-orang mengakses situs Anda? Apakah Anda membujuk mereka untuk tetap berada dalam situs Anda untuk mencari lebih jauh mengenai Anda melalui seluruh tulisan yang Anda sajikan dalam situs tersebut? Atau apakah pengunjung hanya melihat tulisan biasa yang mirip dengan banyak tulisan dalam beragam macam situs lain?

Apabila Anda ingin para pengunjung untuk memiliki pengalaman yang tidak biasa dan hanya dapat dialami melalui situs dan tulisan Anda, maka Anda harus melakukan optimasi website dan konten agar mereka merasa nyaman dan senang dengan apa yang Anda sajikan melalui situs tersebut. Terlebih lagi apabila situs yang Anda kelola merupakan situs yang digunakan untuk menjual sesuatu kepada masyarakat. Dengan begitu, Anda sudah pasti ingin mereka untuk tetap berada dalam situs, bukan?

Namun, apabila mereka tidak mendapatkan sesuatu yang menarik dari situs Anda, mungkin Anda melakukan beberapa kesalahan ini. Apa saja itu? Simak tulisan di bawah ini.

Pengunjung Tidak Melihat Konten Yang Tepat

Apabila diibaratkan, seluruh situs yang terdapat di dunia maya sama seperti deretan rumah baru yang terlihat sama saja. Baik itu melalui tampilan depan, atau tampilan dalam. Para pengunjung situs-situs yang tersebar di dunia maya diibaratkan sebagai calon pembeli rumah. Mereka akan melihat-lihat rumah tersebut dan membuat perbandingan untuk mencari apa yang beda dari masing-masing rumah yang disajikan dalam deretan tersebut. Meskipun seluruh rumah dalam deretan memiliki kesamaan yang sama, tetapi terkadang para calon pembeli rumah langsung menemukan rumah yang cocok dengan preferensi personal mereka.

Hal tersebut sama dengan ketika seseorang mencari sebuah informasi terhadap suatu topik atau pembahasan. Situs-situs yang muncul tepat di laman pertama sebuah mesin pencari ketika Anda sedang mencari sesuatu dengan menggunakan kata kunci tertentu mungkin akan terlihat sama. Maka dari itu, seseorang akan mencoba untuk masuk ke dalam daftar situs yang muncul tersebut untuk melihat apakah konten yang disajikan memiliki kualitas yang mumpuni mengenai topik atau pembahasan yang mereka cari. Apabila konten tidak sesuai dan tidak terlalu jelas, maka Anda tidak dapat meyakinkan para pengunjung tersebut bahwa Anda ingin menarik perhatian mereka dengan konten Anda.

Lalu, bagaimana cara membenarkan hal tersebut? Pertama, Anda harus berhenti untuk mencoba menarik perhatian semua orang. Sebab, Anda akan merasa lebih mudah untuk menarik perhatian orang-orang yang memang mengenali apa yang Anda sajikan. Tidak apa-apa jika konten yang disajikan hanya tepat bagi sebagian orang. Sebab, kualitas di atas kuantitas merupakan hal yang penting.

Headline Yang Ditawarkan Tidak Spesifik

Headline yang tidak terlalu kuat atau tidak spesifik biasanya akan muncul di beberapa situs lain yang juga memiliki konten yang mirip dengan apa yang Anda tawarkan. Apabila seperti itu, maka Anda sudah gagal untuk memperlihatkan keuntungan yang Anda tawarkan dari konten yang telah dibuat. Atau, keuntungan yang Anda tunjukkan dalam tulisan tersebut tidak terlalu spesifik dan masih terlihat mengawang-ngawang sehingga orang-orang yang berkunjung tidak begitu memperhatikannya. Atau bahkan bisa jadi headline yang Anda tawarkan sangat membosankan.

Untuk memperbaikinya, Anda harus menyebutkan secara langsung mengenai konten yang Anda tulis dalam headline tersebut. Dengan begitu, konten Anda akan menjadi relevan dan berguna bagi para pengunjung yang melihat isi konten tersebut. Selain itu, memiliki headline yang menarik juga akan dengan mudah menarik perhatian orang-orang sehingga mereka ingin membaca apa yang Anda tulis.

Revisi Sebelum Unggah

Salah satu kesalahan fatal dalam optimasi website adalah Anda tidak melakukan revisi terlebih dahulu terhadap apa yang ingin Anda sajikan kepada masyarakat luas. Meskipun terdapat beberapa situs yang berhasil mengunggah tulisan tanpa harus melakukan revisi terlebih dahulu, tetapi meskipun Anda merupakan penulis profesional, Ada baiknya untuk tetap melakukan proses revisi sebelum mengunggah konten demi optimasi website yang mumpuni.

Revisi merupakan sebuah pengalaman untuk membuat suatu konten. Dibandingkan dengan mengunggah konten yang ‘mentah’, akan lebih baik jika Anda menciptakan sebuah tulisan menarik dan berkualitas yang dapat memecahkan suatu permasalahan.

Melakukan optimasi website sangatlah penting. Sebab, dengan melakukan hal tersebut Anda dapat meningkatkan pengunjung. Dengan begitu, Anda akan menjadi lebih bersemangat dalam menulis.